wdcfawqafwef

Peringatan!! Untuk Keamanan Gunakan Web Browser Google Chrome

Tips & Cara Pengiriman Paket Melalui JNE

Tips & Cara Pengiriman Paket Melalui JNE - Sebelum menggunakan jasa ekspedisi PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir sebaiknya calon customer memperhatikan terlebih dahulu syarat dan ketentuan berlaku khususnya pengiriman paket barang maupun dokumen.

Kita juga perlu mengetahui apa saja kategori barang yang dilarang atau tidak bisa dikirim melalui JNE bisa dilihat pada postingan "Daftar Barang Dilarang Dikirim Via JNE".

Hal yang perlu diketahui diantaranya tata cara penulisan alamat serta cara packing barang termasuk pengepakan hingga kebijakan asuransi terhadap paket barang yang dikirim.

Tips & Cara Pengiriman Paket Melalui JNE
Tips & Cara Pengiriman Paket Melalui JNE

Berikut ini beberapa informasi serta tips dan cara pengiriman paket melalui JNE:

Informasi alamat

Pihak pengirim wajib melampirkan alamat penerima dengan jelas termasuk nama lengkap dan nomor telepon yang bisa dihubungi Ketika nanti kurir JNE mengantar barang ke alamat tujuan dan pihak penerima tidak ada di tempat nomor tersebut bisa dihubungi untuk konfirmasi.

Pihak pengirim wajib memberitahu detail isi paket yang akan dikirim sesuai dengan kategori.

JNE tidak bisa mengirim paket dengan alamat PO BOX begitu juga ketika ia mengirim tidak mengisi alamat dengan lengkap.

Apabila penulisan alamat kurang lengkap atau salah bentuk itu akan berpengaruh terhadap waktu estimasi paket barang sampai ke alamat tujuan Jadi sebelum menyerahkan paket barang ke kantor cabang atau agen JNE pastikan alamat tujuan sudah diisi dengan benar dan lengkap.

Cara packing barang

Jika yang dikirim merupakan produk elektronik dan barang pecah belah sebaiknya dilengkapi dengan packing kayu agar menghindari kerusakan selama proses pengiriman ke alamat tujuan. Yang perlu dilindungi dengan packing kayu adalah barang pecah belah, elektronik, dan kategori Saira.

Jika kita kesulitan mengepak barang dengan menggunakan packing kayu bisa meminta pada pihak JNE dengan menyertakan asuransi pengiriman.

Sebelum melindungi paket dengan packing kayu bungkuslah terlebih dahulu dengan bahan pelindung anti air agar barang beserta kardus asli yang ada di dalamnya tidak mudah basah.


Hindari penggunaan packing kayu berlebihan karena nantinya akan mempengaruhi berat total paket dan dampaknya adalah biaya atau tarif ongkir menjadi lebih besar. Jadi gunakan kayu dengan bobot ringan tetapi efektif melindungi barang yang ada di dalamnya.

Perlindungan asuransi

Untuk menjamin selama proses pengiriman paket barang maupun dokumen hingga sampai ke alamat tujuan penggunaan fitur asuransi pengiriman dianjurkan.

Biaya asuransi yang dikenakan tergantung dari nilai dari barang yang akan dikirim dan sebelumnya pihak JNE akan memeriksa terlebih dahulu paket kiriman apakah Sesuai dengan informasi yang diberikan oleh pihak pengirim.

Biaya asuransi yang dibebankan sepenuhnya ditanggung oleh pihak pengirim dan pembayarannya digabung dengan tarif ongkos kirim. Untuk informasi biaya asuransi pengiriman via JNE bisa baca di postingan "Cara Menghitung Biaya Asuransi Paket JNE".

Tidak semua jenis barang yang dikirim melalui JNE bisa masuk ke dalam asuransi poin utama adalah barang tersebut memiliki nilai lebih dari 10 kali dari ongkos kirim.

Paket yang dilindungi dengan Asuransi dan apabila mengalami kehilangan atau kerusakan selama proses pengiriman akan diganti 100% dengan menampilkan bukti pengiriman yaitu nomor airwaybill, surat klaim, kronologis, dan invoice faktur pembelian.

Jika paket kiriman hilang dan tidak diikutkan ke dalam perlindungan asuransi JNE masih bertanggung jawab mengganti sebesar 10 kali dari biaya kirim. Sedangkan paket kiriman berupa dokumen yang diasuransikan dengan penggantian terbatas hanya sebatas nilai penerbitan dari dokumen tersebut.

Jadi itulah beberapa informasi serta tips dan cara mengirim paket melalui JNE.


1 Response to "Tips & Cara Pengiriman Paket Melalui JNE"

  1. Apakah boleh mengirim dg ktp oranglain(status pengirim)?

    BalasHapus